KECAMATAN PACITAN KABUPATEN PACITAN

Jl. Letjend Suprapto No. 44 Pacitan, Telp. (0357) 885257

SELAYANG PANDANG

Kecamatan Pacitan adalah sebuah kecamatan yang menjadi ibu kota Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa TimurIndonesia. Kecamatan Pacitan adalah denyut nadi pemerintahan dan perekonomian Kabupaten Pacitan secara keseluruhan. Lansekap kota Pacitan terletak di Lembah, di tepi Teluk Pacitan, hilir Sungai Grindulu. Pacitan dikenal sebagai kota kelahiran Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono. Kecamatan Pacitan adalah salah satu diantara 12 Kecamatan diKabupaten Pacitan.

Secara Geografis Kecamatan Pacitan terletak di tepi teluk Pacitan dan hilir sungai grindulu. Wilayah Kecamatan Pacitan sebagian besar berada pada tanah datar dan sebagian berada di wilayah perbukitan, yang berada pada posisi 80 12′ 5″ LS dan 1110 5′ 33″ BT dengan batas wilayah :
a. Sebelah barat : Kecamatan Pringkuku
b. Sebelah utara : Kecamatan Arjosari
c. Sebelah timur : Kecamatan Kebonagung.
d. Sebelah selatan : Samudera Indonesia

Kecamatan Pacitan memiliki peta potensi yang unik dan menjadi komoditi utama masyarakat disini, teruatam dari sektor perikanan. Sebagai contoh, dengan kondisi topografi yang menghadap ke teluk Pacitan, menjadikan Kecamatan Pacitan mempunyai daya tarik tersendiri dari sektor wisata laut. Pantai Teleng Ria dan Tamperan yang dibangun dermaga Nelayan  merupakan tempat pendaratan Perahu Nelayan dan tempat pelelangan ikan.  Di dermaga tersebut dibangun Breakwater sebagai pemecah ombak, diharapkan bisa memberikan nilai tambah bagi pariwisata dan perekonomian masyarakat Pacitan. Tentunya berbagai potensi alam tersebut didukung oleh sarana yang memadai untuk mempercepat akselerasi potensi ekonomi.

Sebagai kota yang menghadap ke teluk Pacitan, menjadikan Kecamatan Pacitan mempunyai daya tarik tersendiri. Pantai Teleng Ria dan Tamperan yang telah dibangun dermaga/pelabuhan nelayan merupakan tempat pendaratan perahu nelayan dan tempat pelelangan ikan. Di dermaga tersebut dibangun breakwater sebagai pemecah ombak, diharapkan bisa memberikan nilai tambah bagi pariwisata dan perekonomian terutama bagi yang suka memancing ikan. Berbagai hotel dan tempat penginapan yang sejak dulu ada memberikan akomodasi yang memadai bagi wisatawan dengan harga yang terjangkau dan pelayanan yang optimal.

Pembagian wilayah administratif, Kecamatan Pacitan terbagi menjadi 20 Desa dan 5 Kelurahan, yaitu:

  1. Desa Banjarsari
  2. Desa Bolosingo
  3. Desa Arjowinangun
  4. Desa Bangunsari
  5. Desa Kayen
  6. Desa Kembang
  7. Desa Menadi
  8. Desa Mentoro
  9. Desa Nanggungan
  10. Desa Ponggok
  11. Desa Purworejo
  12. Desa Sambong
  13. Desa Sedeng
  14. Desa Semanten
  15. Desa Sirnoboyo
  16. Desa Sukoharjo
  17. Desa Sumberharjo
  18. Desa Tambakrejo
  19. Desa Tanjungsari
  20. Desa Widoro
  21. Kelurahan Baleharjo
  22. Kelurahan Pacitan
  23. Kelurahan Ploso
  24. Kelurahan Pucangsewu
  25. Kelurahan Sidoharjo

Urusan Pemerintahan pada Kecamatan Pacitan terfokus pada Kantor Kecamatan Pacitan yang terletak di Jalan Letjend Suprapto Nomor 44 Pacitan Kelurahan Sidoharjo Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan